Cara Membuat Sambal

Bagi sebagian dari kita, makan tanpa sambal terasa kurang nikmat. Alhasil hampir seluruh rumah makan atau rumah tangga selalu menyediakan sambal baik yang masih fresh atau dalam bentuk botolan. Rupanya banyak yang lebih menyukai sambal fresh yang baru dibuat karena terasa lebih sedap dan pedas. Sayangnya tidak semua orang bisa membuat sambal.

Berikut saya akan berbagi cara membuat sambal yang mudah dan sederhana, racikan sambal ini hampir tiap hari saya buat. Ini lho cara membuat sambal.


Siapkan cabe rawit (cabe kecil) sebanyak 3 atau 5 atau 7 buah atau kelipatan ganjil lainnya. Kenapa harus ganjil? Iya karena setelah saya praktekkan cabe jumlah ganjil lebih pedas dan menggigit ketimbang cabe dalam jumlah genap. Silahkan coba sendiri. Batang cabe jangan dilepas, biarkan saja karena bagian itulah yang membuat sambal semakin maknyus. Kemudian garam sesuai selera dan tomat diambil setengahnya saja.

Semua bahan (selain garam) digoreng sebentar. Hati-hati saat menggorengnya karena cabe akan meledak dan berloncatan. Ada baiknya penggorengan diberi tutup. Menggorengnya sebentar saja jangan sampai gosong/kering. Setelah itu angkat dan tiriskan lalu letakkan dalam cobek bersama garam dan ulek sampai halus.

Selesai sudah. Begitulah cara membuat sambal yang mudah dan praktis serta lebih higienis karena dari hasil tangan kita sendiri. Lebih sedap ketimbang sambal botolan. Ikuti cara praktis kami lainnya hanya di blog Ini Lho Caranya.

Comments

  1. sekalian donk, cara membuat anak, kalo bisa pake gambar yang lengkap
    thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. usul yang bagus sekali... nanti akan kita pertimbangkan masukan Anda :D

      Delete
  2. Masa cuman cabe bahannya ?? Ga ada bawah merah tuh?

    ReplyDelete
  3. Masa cuman cabe?? Bawang merahnya mana gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kan resep cara membuat sambal yg mudah dan sederhana, gan. Kalo mau ditambahi bawang merah ya silahkan. tapi menurut saya ga sederhana lagi, nangis pas ngupas bawangnya :)

      Delete

Post a Comment

Popular Posts