Cara Membuang Bangkai Tikus

Cara Membuang Bangkai Tikus
Cara membuang bangkai tikus ini menyambung post sebelumnya yang berjudul Cara Menangkap Tikus. Setelah tikus tertangkap dengan media jebakan, maka tikus itu bisa dibuang. Ya iyalah, masa mau disimpan :). Lalu bagaimana cara membuang tikus yang telah mati atau sekarat itu?

Disini saya akan berbagi pengalaman pribadi dan pengalaman kawan-kawan lainnya tentang cara membuang bangkai tikus yang baik dan benar. Ini Lho Cara Membuang Bangkai Tikus.

Tikus yang telah masuk kedalam perangkap, perhatikan dahulu kondisinya. Kalau perangkap yang Anda pasang berupa sangkar kawat, biasanya tikus masih dalam kondisi hidup dan ganas. Sebab dia terus berusaha untuk keluar dengan segala cara. Tikus dalam perangkap model ini sangat susah diambil untuk dibuang kecuali Anda tega membunuhnya dengan memukul atau menusuk tubuh tikus itu.

Cara paling sederhana adalah bawalah kandang perangkap tikus itu jauh-jauh dari rumah Anda. Paling bagus bawa ke lapangan yang luas. Lalu buka dan biarkan tikus itu pergi dengan baik-baik. Kemudian kalau perangkap tikus yang Anda pakai berupa penjepit bisa dipastikan tikus sudah mati. Atau papan dengan lem perekat, maka biasanya tikus akan berada dalam kondisi sekarat atau mati karena tidak bisa bergerak.

Sebenarnya papan lem perangkap tikus masih bisa digunakan meskipun sudah pernah menjebak seekor tikus sebelumnya. Kalau Anda ingin menggunakan papan lem tikus itu, maka ambillah tikus yang lengket di atasnya. Caranya sederhana, bungkus tangan Anda dengan kantung plastik atau pelapis lainnya agar tangan tidak kotor. Lalu ambillah tikus itu dengan cara mencengkram tepat pada lehernya. Jangan pada perut atau ekornya, sebab kalau tikus itu masih hidup dia bisa menggerakkan kepalanya dan menggigit tangan Anda. Kemudian buanglah tikus itu.

Bagaimana membuang bangkai tikus yang benar?. Gampang banget, kuburkan saja. Carilah lahan yang sekiranya tidak mengganggu, seperti pojokan lapangan, samping got dibelakang rimbun tanaman dan sebagainya. Galilah lubang secukupnya lalu kuburkan tikus itu. Ini tujuannya untuk kesehatan lingkungan kita juga. Bangkai tikus kalau dibiarkan ditempat terbuka bisa menyebarkan penyakit.

Sayangnya masih banyak yang tidak mengubur bangkai tikus yang didapat dari hasil jebakan tikus. Kebanyakan dibuang begitu saja kedalam tempat sampah. Lalu ada juga yang dibakar bersama sampah-sampah rumah tangga. Dan yang paling sering kita jumpai adalah bangkai tikus dibuang ditengah jalan raya.

Jangan yakin dulu kalau kita menjumpai bangkai tikus ditengah jalan raya adalah akibat ditabrak kendaraan bermotor. Sebab saya sering saksikan sendiri bangkai tikus hasil perangkap dari rumah tangga itu sengaja dibuang kesana. Alasannya adalah biar dilindas roda kendaraan, lama kelamaan bangkai itu gepeng dan kering karena panas matahari. Lalu dalam beberapa hari hilang tak berbekas karena hancur menjadi debu jalanan.

Begitulah cara membuang bangkai tikus yang baik dan benar. Nantikan cara-cara sederhana kami lainnya hanya di blog Ini Lho Caranya.

Comments

Post a Comment

Popular Posts