Cara Membuat Air Panas

Memasak air panasPernahkah ketika Anda akan menyeduh kopi atau teh tetapi air dalam termos atau dispenser tidak panas?. Tentu menyebalkan dan membuat kopi atau teh yang sudah disiapkan dalam cangkir menjadi ramuan yang aneh baik penampakan maupun rasanya.

Berikut ini adalah hal sederhana dan terkesan sepele. Tetapi jangan salah, ternyata masih ada juga yang belum tahu cara membuat air panas lho. Boleh percaya boleh tidak namun inilah kenyataannya. Karena itulah saya akan berbagi cara mudah yang kelak bisa Anda banggakan ke teman atau kerabat. Ini Lho Cara Membuat Air Panas yang mudah dan praktis. Dijamin yang belum tahu cara memasak air panas akan mendapat pencerahan dari blog ini.


Ini dalam kondisi rumah tangga, dimana peralatan elektronik seperti dispenser air  atau pemanas air listrik kita anggap tidak ada. 

Pertama-tama siapkan Air biasa. Bisa dari kran PAM atau air mineral galon secukupnya, yang jelas air yang sudah Anda anggap bersih dan higienis untuk dikonsumsi. Selanjutnya siapkan panci atau ceret/ketel bersih, masukkan air tadi kedalamnya. Lalu letakkan panci atau ceret diatas kompor dengan api besar. Kalau api kompor kecil juga bisa tetapi akan lama air menjadi panas.

Tunggulah beberapa saat, sebaiknya jangan ditinggal karena api yang digunakan pada tingkatan besar maka durasi air menjadi panas mendidih cuma sebentar, apalagi kalau airnya yang dimasak tidak banyak.

Kalau menggunakan panci, perhatikan airnya. Semakin lama air akan bergejolak, seiring waktu air akan mengeluarkan uap panas dan gejolak semakin hebat. Nah, itu tandanya air sudah panas dan api kompor bisa dimatikan. Air mendidih siap dipakai untuk menyeduh kopi atau teh kegemaran Anda yang sudah disiapkan dalam cangkir.

Kalau menggunakan ceret/ketel, biasanya pada tutupnya ada semacam lubang ukuran kecil. Dari lubang itu akan keluar uap panas yang dihasilkan dari proses memasak air tadi. Lubang ceret akan menghasilkan suara siulan karena terdorong uap panas. Semakin panas air yang dimasak, maka semakin banyak uap air yang dihasilkan, otomatis semakin keras suara siulan dari tutup ceret kesayangan Anda. Itu artinya air sudah mendidih. Matikan api kompor dan siap menyeduh minuman panas kesukaan Anda.

Bagaimana? Mudah sekali bukan Cara Memasak Air Panas. Selamat mencoba di rumah dan nantikan cara cara sederhana kami lainnya hanya di blog Ini Lho Caranya.

Comments

Popular Posts