Cara Masak Nasi

cara tradisional dan mudah memasak nasiNasi adalah makanan pokok kita sehari-hari. Bahkan banyak orang yang meskipun sudah makan roti sebesar bantal masih merasa belum 'makan' kalau perut belum diisi dengan nasi. Nasi adalah hasil matang dari beras yang dimasak. Ada banyak cara memasak nasi. Cara paling mudah dengan menggunakan rice cooker. Tapi bagaimana kalau tidak ada rice cooker atau listrik mati?

Berikut ini kita berbagi cara memasak beras hingga menjadi nasi dengan metode tradisional yang sederhana dengan peralatan yang mudah didapat. Ini Lho Cara Memasak Nasi.



Kebanyakan dari kita tahunya ya makan. Ada lho orang yang tidak peduli proses memasaknya, tahunya ya cuma makan hasil masakan saja. Begitu juga nasi. Kebanyakan dari kita cuma tahu kalau ada nasi diatas meja makan yang siap disantap. Dan kebanyakan apalagi jaman sekarang, nasi yang asalnya adalah beras, yaitu semacam biji-bijian itu hanya bisa dimasak dengan alat elektronik yang bernama Rice Cooker.

Kita semestinya memahami cara lain memasak nasi selain menggunakan rice cooker. Seperti yang kita ketahui, alat rice cooker menggunakan tenaga listrik. Bagaimana kalau listrik mati atau rice cooker rusak?. Mau makan bagaimana?

Saya punya pengalaman kejadian seperti diatas, sering juga. Lalu saya gunakan metode tradisional memasak nasi tanpa alat berdaya listrik itu. Dan kalau dilakukan dengan benar, maka hasil nasi matangnya tidak berbeda dibanding memasak dengan menggunakan rice cooker.

Cara pertama adalah menggunakan dandang. Dandang adalah alat penanak nasi yang berbentuk semacam panci. Panci itu diisi air sekitar seperempatnya. Lalu didalamnya ada wadah yang lebih kecil semacam panci penyaring dengan lubang kecil yang menyebar. Wadah itu yang dimasukkan diletakkan menggantung tanpa menyentuh air didasar panci utamanya. Dalam wadah penyaring itu dimasukkan beras yang telah dicuci bersih. Kemudian dandang ditutup rapat lalu dipanaskan menggunakan api.

Air yang ada dibagian dasar akan mendidih dan uap panasnya naik lalu akan mematangkan beras yang ada diatasnya (didalam wadah penyaring).

Cara memasak nasi
Gambar penampang dandang (panci penanak nasi)
Kemudian cara kedua. Ini adalah cara paling tradisional. Lebih sederhana dari cara sebelumnya, yaitu kita hanya menggunakan panci masak biasa. Cara semacam ini sudah dilakukan nenek moyang kita di masa yang lampau. Beras yang sudah dicuci bersih dimasukkan kedalam panci lalu ditambahkan air. Kuncinya ada di ketinggian air. Ketinggian air yang disarankan adalah setinggi satu ruas jari dari permukaan beras (lihat gambar).

Lalu panci ditutup rapat dan dipanaskan dengan api kecil. Ingat api kecil. Ini untuk mencegah penguapan terlalu cepat yang membuat beras tidak matang sempurna atau bahkan gosong karena air cepat menguap dan kering. Selama memasak, seringlah ditengok. Jika air telah menguap habis dan nasi telah mengembang, coba cicipi nasi itu. Kalau dirasa masih agak keras atau kurang matang, tambahkan air sedikit lalu aduk nasi dan masak kembali dengan api kecil. Ulangi langkah tersebut hingga nasi matang sempurna.

cara menanak nasi
Gambar penampang panci untuk menanak nasi
Dan jadilah nasi putih matang yang siap disantap dengan lauk pauk kegemaran. Atau Anda akan mengolah menjadi nasi goreng. Kami juga memiliki Cara Membuat Nasi Goreng yang mudah dan sederhana juga enak dan sehat. Kalau suka sambal, bisa dicoba cara kami di Cara Membuat Sambal. Dan jangan lupa lengkapi juga dengan minuman es jeruk yang cara membuatnya bisa dibaca pada Cara Membuat Es Jeruk atau Cara Membuat Es Jeruk Soda. Makin sempurna acara makan Anda.

Selesai sudah cara tradisional memasak nasi dengan peralatan sederhana. Silaahkan dicoba, siapa tahu suatu saat Anda akan membutuhkan. Ikuti langkah-langkah praktis  kami lainnya hanya di blog Ini Lho Caranya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...